Bekerja di pertambangan bisa jadi salah satu impian masyarakat. Bagaimana tidak, santer isu menyatakan bahwa gaji di pertambangan cukup tinggi. Isu tersebut bukan sekadar isu. Memang benar bahwa perusahaan-perusahaan pertambangan memang menghasilkan pundi-pundi tak terhitung. Para karyawannya pun tentu saja ‘kecipratan’. Salah satu perusahaan tambang yang cukup menjanjikan tersebut adalah perusahaan pertambangan minyak dan gas.

Nominal yang ditawarkan pun cukup menggiur. Bagi mereka yang masih baru bekerja saja biasanya akan memperoleh penghasilan mulai dari 4 sampai 8 juta rupiah. Itu jika Anda bekerja di perusahaan BUMN. Akan lebih tinggi lagi apabila bekerja di perusahaan asing. Selain gaji, karyawan juga akan mendapatkan fasilitas lainnya seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan kerja dan sebagainya – tergantung posisi kerja Anda.

Namun, mungkin masih ada beberapa di antara Anda yang masih bingung akan jadi apa saja di sana. Apalagi bagi Anda yang akan masuk ke perguruan tinggi, supaya kalian bisa tahu harus ambil jurusan apa, ya.

Nah, berikut kami sajikan beberapa posisi yang paling dibutuhkan ketika Anda ingin bekerja di pertambangan.

Jadi Apa Ketika Bekerja di Pertambangan?

1. Ahli Geofisika

Ahli Geofisika atau Geophysicist bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan, analisis keadaan fisik bumi dan menentukan metode dan peralatan yang cocok untuk eksplorasi. Posisi ini biasanya akan banyak menghabiskan waktu di laboratorium dan lapangan.

Berikut beberapa persyaratan yang mesti Anda ketahui jika ingin melamar di posisi ini:

· Bergelar sarjana teknik geofisika dan punya pengalaman setidaknya 3 tahun.

· Mampu berkomunikasi untuk menerjemahkan data yang sudah didapat dari anggota tim, manajer senior, klien dan rekannya ketika presentasi.

· Punya spesialisasi tertentu jadi nilai tambah. Sebagai contoh sebagai Seismologist ataupun Tectnophysicist.


2. Divisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Lebih populer dengan sebutan Health Safety and Environment Senior Officer. Divisi ini bertugas untuk menjamin lingkungan kerja tetap kondusif bagi kesehatan para karyawan serta menjaga keamanan di sana. Kesimpulannya, divisi ini harus bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan dan keselahan kerja.

Syarat untuk posisi ini adalah:

· Bergelar sarajana di bidang pertambangan dan pengalaman setidaknya 5 tahun.

· Menguasai bidang perijinan, sistem manajemen dan audit, aturan keselamatan kerja dan beragam jenis pelatihan yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan dan lingkungan.

· Mampu menganalisis kebutuhan dan keadaan perusahaan.


3. Ahli Geologi Senior

Ahli Geologi Senior atau Senior Geologist melakukan riset, mengulas dan menilai data geofisika dan geologi dari area tambang. Kemudian, seorang senior Geologist akan bekerja sama dengan tim pengebora untuk memulai eksplorasi tambang. Tugas mereka adalah mengawasi, mengembangkan dan menjaga program yang sudah direncanakan.

Berikut syarat untuk Anda yang menginginkan posisi ini:

· Bergelar sarjana Geologi dan berpengalaman 10 tahun di industri tambang.

· Mampu berkomunikasi dengan baik dan punya mental leader.

· Paham modeling software.


Tertarik memasuki dunia tambang? Siapkan kemampuan Anda sedini mungkin dengan mengambil jurusan yang tepat ketika beranjak ke perkuliahan. Jangan lupa pula setelah diterima bekerja, siapkan mental dan fisik. Bagaimanapun bekerja di pertambangan bukan perkara mudah meski bergaji tinggi. Anda tetap harus bisa menyiapkan masa depan sendiri, di samping semua fasilitas yang disediakan. Salah satunya miliki asuransi jiwa sendiri di samping semua keuntungan yang Anda dapat ketika bekerja di pertambangan. Anda pun juga dapat memulai investasi kecil-kecilan dari sekarang guna menambah pundi-pundi. **

Source: http://energitoday.com/