batubara2Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia telah membuat kesalahan besar terkait pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). Dia menyebutkan pengelolaan SDA itu justru lebih banyak menguntungkan negara lain dibandingkan Indonesia.

"Yang lebih menyedihkan justru hasil tambang kita, batubara kita ekspor besar-besaran yang justru mendukung industrialisasi negara lain. Mereka berproduksi dan lebih memprihatinkan lagi barang yang masuk ke Indonesia kita beli dengan rasa suka. Kekeliruan ini harus berhenti!" ujar Jokowi dalam acara penandatanganan nota kesepahaman Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam di Istana Negara, seperti dikutip dalam kontan.co.id baru-baru ini.

 

Dia memaparkan Indonesia sebenarnya sudah kehilangan momentum dalam memanfaatkan kekayaan yang melimpah. Namun, dia menyebutkan meski terlambat, penyelamatan kekayaan tetap bisa dilakukan.

Maka dari itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar 29 menteri dan 12 gubernur yang menandatangani MoU Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam untuk bisa benar-benar mengimplementasikannya. Dia berharap agar semua pihak memerangi korupsi yang mengeruk habis kekayaan alam Indonesia tetapi tidak mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat.

source: